9 Langkah Memilih Smartphone agar Sesuai Harapan dan Tak Menyesal seumur Hidup

by 22.42 0 komentar
Bertepatan dengan milad ke-22 istri saya tercinta, tentu sebagai seorang suami yang pengertian (tsaaah..), Saya mencoba romantis untuk memberi hadiah kepada istri. Bingung memilih kado akhirnya saya memutuskan untuk menanyakan langsung kepada istri saya perihal barang yang diinginkan. 


Saya semakin bingung karena istri tidak menginginkan apa-apa, meskipun saya memaksanya tetap saja jawabannya sama, ingin aku ada disampingnya selalu (hedeeeh... meleleh deh kena gombal)

Maklum saja hadiah dan kue bukanlah budaya yang dibangun dalam keluarga kami berdua. Milad atau bahasa kerennya ulang tahun adalah hal yang biasa saja dan tidak istimewa tanpa perlu kue dan hadiah. trus bagaimana dengan anggaran yang sudah kadung saya sediakan untuk kado milad ?? 

Anggaran tersebut tetap saya belanjakan untuk keperluan istri. Saya melihat hape Samsung galaxy grand-nya sudah sangat lemot dan aaah.. sudahlah saya malas membahasnya apalagi melihatnya. Dengan kesibukannya yang super sebagai dokter muda, saya fikir alat komunikasi satu ini sangat vital. makannya saya kasihan melihatnya emosi dan terkadang bengong menunggu hape yang lagi loading semisal sedang membuka informasi penting di grup.



Setelah saya putuskan untuk membeli smartphone, kebingungan saya masih berlanjut untuk memilih smartphone mana yang akan saya beli. Seperti kita ketahui belakangan ini teknologi sudah semakin cepat perkembangannya. 

namun tak usah bingung tak usah bimbang, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget kita. itu adalah kunci yang harus dipegang setiap akan membeli barang.

Berikut saya jabarkan bagaimana memilih satu dari sekian banyak produk smartphone yang ada dan hampir sama spesifikasinya:

1. Putuskan kebutuhanmu

kebutuhan smartphone setiap orang berbeda-beda, ada yang digunakan untuk game, social media, menulis, browsing, selfie bahkan untuk sekedar telp saja (biasanya kakek nenek yang anaknya udah kaya raya :P)

2. Tentukan spesifikasi utama
hape seperti apa yang kamu butuhkan ?? apakah yang cepat? yan layarnya lebar? baterainya awet? kameranya bagus? suaranya bagud klo buat dengerin musik? sesuaikan dengan masalah yang biasanya kamu hadapi dengan smartphone lamamu

3. tentukan budget
Setelah kamu tahu spesifikasi utama yang dibutuhkan. tahap selanjutnya, tentukan budget. Dana yang kamu sediakan disini harus realistis, semakin mahal produk biasanya kualitasnya semakin baik. Tetapi bila kamu jeli, akan mendapatkan smartphone harga murah dengan kualitas yang bagus

4. Mulailah mencari
Setelah langkah 1-3 sudah kamu lakukan, sekarang saatnya kamu untuk mulai memilih smartphone mana yang sesuai. Disini kamu membutuhkan website sebagai rujukan, saya biasa menggunakan www.gsmarena.com yang komplit membahas gadget-gadget terbaru.

sebagai contoh smartphone yang ingin saya beli memiliki kriteria :
- cepat dan ga lemot
- baterainya awet
- dual sim

berarti otomatis saya mulai mencari smartphone dengan RAM minimal 2 GB dan baterai minimal 3000 mAh serta dengan budget maksimal 3 juta atau $ 215 (harus dikonversi ke US$ untuk memudahkan pencarian)



buka www.gsmarena.com lalu klik Phone Finder



klik merk yang diinginkan, tahun keluarnya dan dual sim atau tidak. Kamu juga  bisa menentukan lebih detail informasi yang lain yang dibutuhkan


Karena saya membutuhkan smartphone yang cepat, setidaknya saya membutuhkan RAM 2GB keatas


saya juga membutuhkan baterai yang cukup handal agar tidak terlalu sering charge hape (minimal 3000 mAh)


klik Result dan akan keluar produk-produk yang sesuai dengan spesifikasi yang kamu inginkan


5. carilah kelebihan dan kekurangannya
Kelebihan dan kekurangan dapat dicari dengan membandingkan smartphone satunya dengan yang lain, kamu bisa menggunakan menu compare di situs gsmarena.com atau kamu juga bisa googling di situs-situs yang mengulas smartphone yang masuk dalam listmu

6. Verifikasi harga
Terkadang ada ketidaksesuaian harga yang ada di situs informasi gadget dengan harga jual sesungguhnya di pasaran, maklum saja karena mereka tidak menjual barang tetapi hanya menyajikan informasi. 

verifikasi harga smartphone dapat dilakukan di lazada.co.id ; bhinnekka.com ; blibli.com dan sebagainya. 

Contoh: saya terpaksa mengekslusi Asus Zenfone 2 Deluxe karena ternyata di pasar Indonesia harganya lebih dari budget yang saya tentukan, akhirnya hanya tersisa 6 item



7. Buat Kesimpulan Sementara dan buat prioritas pembelian (ranking)



Setelah searching saya lakukan dalam waktu beberapa jam, saya membuat sebuah tabel perbandingan yang berisi spesifikasi utama (RAM dan Baterai), Harga, kelebihan dan kekurangan. karena hasilnya banyak, maka saya perlu membuat prioritas pembelian agar apabila barang yang diinginkan tidak ada maka bisa ke prioritas selanjutnya. Contoh prioritas yang saya dapatkan adalah
1) Redmi Note 2
2) Zenfone 2 ZE551ML
3) Zenfone Laser ZE500KL
4) Zenfone Selfie ZD 551KL
5) Mi 4i
6) Acer Liquid Z630
8. final decision
Dalam contoh kasus saya, setelah membuat tabel kesimpulan kemudian saya sodorkan list ke istri saya untuk dipilih mana dari produk terbaik yang saya pilih yang tidak cocok. Ternyata si Doi ga suka sama Acer. Akhirnya terpaksa saya menghapus Acer Liquid Z630 dari daftar. 

Setelah sampai di toko, alangkah kecewanya karena Redmi Note 2 yang menjadi prioritas pertama belum direlease (padahal saya datang di Toko HP terlengkap dan terupdate di Malang). Selain itu, Zenfone Laser yang ada disana adalah model lain yang spesifikasinya lebih rendah dari yang saya inginkan.

sekarang tersisa 3 saja smartphone dengan spesifikasi dan harga yang hampir sama. Ketika anda bingung pada titik ini, ada tips yang mungkin tak pernah dibahas di artikel lain yaitu tanyakan pada penjualnya produk mana yang paling banyak komplainnya

dan taraaaa.... dengan enteng mbak penjualnya menjawab dari list yang saya berikan, Zenfone 2 ZE551ML paling banyak komplain dari pelanggan, sedangkan Zenfone Selfie dan Mi4i belum ada sejauh ini. Setelah mempertimbangkan dengan masak-masak kelebihan dan kekurangan kedua produk ini akhirnya kami memutuskan untuk membeli Zenfone Selfie ZD 551KL

9. berdoalah
horee akhirnya kamu bisa punya gadget baru impianmu dan jangan lupa berdoa biar berkah (awet dan ga ilang dicuri orang, hehe...)


semoga tips memilih smartphone ini bermanfaat :-)

 

iqbal

Author

Seorang dosen di sebuah Universitas Swasta yang memiliki cita-cita besar untuk sebuah peradaban | pecinta onde-onde panas

0 komentar:

Posting Komentar