Mendeley, Program Istimewa untuk Akademisi

by 09.09 11 komentar

Apakah kamu pernah merasa kesulitan didalam mengatur karya ilmiah yang kita koleksi didalam komputer? Lupa meletakkannya dimana ?
Sekarang  kamu tidak perlu bingung lagi karena sudah ada program mini perpustakaan di komputermu. Ya, Mendeley namanya. Program gratis  ini dibuat  bagi mereka yang memiliki akses tinggi ke karya-karya ilmiah baik berupa textbook,  program, prosiding, jurnal atau bahkan film ilmiah sekalipun.



Software ini dapat diunduh di website dengan alamat http://www.mendeley.com . Sebelum mengunduh anda disuruh untuk mendaftar terlebih dahulu menggunakan alamat email anda.  Setelah anda mendaftar barulah anda dapat mengunduh dan menginstallnya di komputer anda.

Banyak keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh program ini:
  1. Karya Ilmiah yang kita upload di Mendeley secara otomatis diurutkan baik menurut penulis, judul, tahun dan Penerbit.
  2. Kita dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal tetapi diseluruh jurnal/buku/program  yang mengandung kata yang kita cari.
  3. Setiap file yang kita tambahkan di dalam program Mendeley ini dapat diketahui detailnya otomatis secara lengkap tanpa harus kita tambahkan satu persatu. Detail ersebut berisi antara lain : Tipe file, Judul, penulis, tahun, volume, halaman, abstrak, url asal, dsb. Selain itu, detail dari file dapat kita edit sesuai keinginan kita.
  4. Terhubung secara online dengan website, jadi bagi kita yang memiliki akun Mendeley di internet dapat di sinkronkan dengan file yang ada di komputer kita dan sewaktu-waktu dapat diakses dimanapun dan kapanpun asal ada jaringan internet.
  5. Dengan fasilitas web importer kita dapat menambahkan file ke Mendeley tanpa mengunduhnya.



Mungkin masih banyak lagi keunggulan-keunggulan yang didapatkan dari program ini. Seperti tujuan adanya program ini,  pengguna Mendeley yang kebanyakan adalah akademisi merasa dipermudah didalam mengakses karya ilmiah yang mereka koleksi. Bagi yang belum mengunduh, silahkan mengunduh di situs resmi Mendeley dan rasakan betapa istimewanya program ini :-)

iqbal

Author

Seorang dosen di sebuah Universitas Swasta yang memiliki cita-cita besar untuk sebuah peradaban | pecinta onde-onde panas

11 komentar:

  1. Malam gan,ijin nanya dong, penjelasan singkat tentang apa itu mendeley dari agan dong biar lebih paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh silahkan, mendeley semacam program untuk merapikan referensi-referensi yang sifatnya soffile (artikel ejurnal, ebook, dsb) sekaligus program ini bisa juga digunakan untuk merapikan daftar pustaka sesuai style yang kita inginkan

      Hapus
  2. https://www.academia.edu/11507382/Hindari_Plagiat_dengan_Mendeley

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. pertama-tama download dan install di komputer, trus masukkan artikel yang ingin di sitasi dan install ms word plugin di menu toolbar mendeley.

      Buka MS Word dan klik reference Mendeley trus klik deh mana yang mau disitasi dan nanti muncul otomatis di daftar pustaka


      Hapus
  4. Mas Iqbal, pengen tanya apakah ada yang bisa memberikan pelatihan Mendeley di sekitaran Jakarta? Thanks sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, jauh sekali pak. tp klo semisal disediakan transport dan akomodasi insyaAllah bisa

      Hapus
  5. wah, jauh sekali pak. tp klo semisal disediakan transport dan akomodasi insyaAllah bisa

    BalasHapus
  6. Terimakasih penjelasannya pak Iqbal, saya ingin menanyakan, apakah program mendeley hanya bisa membuat kutipan dan daftar pustaka saja? Apa ada fungsi lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. fungsi lain mendeley :
      - sebagai perpustakaan pribadi untuk artikel, buku dan referensi lainnya
      - media saling bertukar referensi artikel ilmiah dengan fitur groups (sangat cocok untuk penelitian bersama)
      - media untuk mendapatkan saran literatur penelitian yang sesuai dengan bidang kita

      Hapus